Bunda Cekatan – Pekan #3 dalam Fase Telur-Telur : Ilmu yang Efektif

Bunda Cekatan – Pekan #3 dalam Fase Telur-Telur : Ilmu yang Efektif

Knowledge is power. Information is liberating.

Education is the premise of progress,

in every society, in ever family

∼ Kofi Anan ∼

 

Benar-benar seperti kuliah beneran di IIP ini. Saat anak sekolah libur, kami pun liburan. Jadi satu pekan kemarin mahasiswi Bunda Cekatan pun off  s pedari aktivitas perkuliahan di FB Grup Ibu Profesional.

Menerima dongeng yang disampaikan oleh Ibu Septi saat mengawali pekan pembelajaran berikutnya di Bunda Cekatan IIP, membuat mata semakin berbinar-binar. Karena makin paham seperti apa pembelajaran yang bebas terstruktur. Yang akan menbuat kita mampu memilih ilmu, sumber maupun cara belajar sesuai kebutuhan kita sendiri. Menakjubkan sekali.

Saya sendiri makin ke sini semakin menyadari, kebutuhan ilmu yang benar-benar ingin dipelajari untuk menguasai keterampilan yang akan membuat saya makin bahagia menjalani berbagai peran yang sudah diambil.

Dan ternyata, beberapa keterampilan yang sebelumnya saya pilih sebagai prioritas untuk dikuasai, saling berkaitan satu sama lain. Sehingga jika keterampilan pertama dikuasai, akan memudahkan penguasaan keterampilan berikutnya.

Jadi sekali lagi, pembelajaran di IP memang benar-benar belajar yang merdeka. Karena semuanya selalu disesuaikan dengan kebutuhan, kesukaan dan keinginan diri sendiri.

Nah, di pekan ketiga ini, mulai memasuki gambaran pembelajaran yang akan saya jalani selama kelas Bunda Cekatan IIP. Setelah di pekan sebelumnya saya sudah memilih keterampilan yang ingin dikuasai, pekan ini mulai menentukan ilmu yang mendukung penguasaan keahlian tadi, termasuk sumber dan cara belajarnya. Keren, kan?

Ini proses pembelajaran yang akan saya jalani selama di kelas Bunda Cekatan IIP

Sumber Gambar : Flyer Bunda Cekatan IIP (dimodifikasi menggunakan MS Word)

 

Ternyata banyak juga ilmu yang ingin dipelajari untuk mencapai keterampilan yang ingin saya kuasai. Jumlah 10 ilmu yang ada pada gambar di atas, sebenarnya sudah diringkas dari jumlah sebelumnya yang lebih banyak. Karena sepertinya sudah tercakup dalam kesepuluh ilmu tersebut. Sehingga saya menyusun 10 ilmu yang menurut saya benar-benar bisa mencapai tujuan belajar.

Namun, supaya lebih efektif, pembelajaran merdeka di IIP tetap lebih mengutamakan kebahagiaan dan kemanfaatan ilmu. Supaya ilmu-ilmu tadi tidak hanya diketahui permukaannya saja tanpa penerapan dan pembiasaan, maka saya harus memilih lima ilmu prioritas yang benar-benar ingin dipelajari dalam menunjang penguasaan keterampilan pada awal fase.

Nah, Inilah kelima ilmu tersebut.

Sumber Gambar : Flyer Bunda Cekatan IIP (Dimodifikasi menggunakan MS Word)

 

Semoga dengan pemilihan 5 ilmu yang akan dipelajari selama 5 bulan kuliah di kelas Bunda Cekatan ini, saya akan menjadi Ibu Profesional yang terampil menguasai emosi sehingga tidak mudah terpancing serta baperan ketika berinteraksi dengan individu yang berbeda; bisa menyampaikan informasi dan keinginan dengan efektif; mampu membagi waktu, menyusun jadwal dan konsisten melaksanakannya. Semoga Allah meridhoi. Aamiin…

 

#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

 

Referensi :

  1. Dongeng dan Diskusi Bunda Cekatan Pekan ke-3
  2. Flyer Tugas Bunda Cekatan Tahap Telur-Telur Pekan ke-3
  3. Quote dikutip dari Brainy Quote
  4. Pengetahuan dan Pengalaman yang dialami sendiri.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply