Aliran Rasa : Belajar dengan Mengajar – Sebuah Pengikat Makna

Aliran Rasa : Belajar dengan Mengajar – Sebuah Pengikat Makna

Dengan mengajar, ada banyak cara untuk belajar.

Untuk mencari sumber informasi yang benar,

menggali ingatan tentang ilmu yang pernah didapat,

termasuk mengingatkan diri sendiri,

betapa masih dangkalnya ilmu yang kita punya.

~ Alifadha Pradana ~

 

Sebenarnya aliran saya mengwmen pembelajaran di level#11 ini bisa siaimpudisi dalam quote yang tercantum di atas tadi. Bahwa dengan mengajar, ternyata ada banyak cara untuk kita belajar. Melalui Mengajar, kita juga sekaligus “dipaksa” dengan ikhlas hati untuk mengupgrade pengetahuan yang relevan dengan materi yang akan kita ajarkan.

Selain versi pendek tadi, edisi panjang dari aliran rasa untuk materi bunda sayang level 11 ini membuat saya makin menyadari betapa pentingnya kebersamaan dalam keluarga dan komitmen kita sebagai orang tua untuk terlibat dalam setiap tahap tumbuh kembang anak-anak kita. Dan semua itu wajib adanya, jika kita memang ingin para buah hati kita tumbuh normal sesuai fitrahnya. Sudah siapkah kita?

 

Sumber Gambar : pkssumenep.org

 

Buat saya pribadi, materi kali ini bila dihubungkan dengan program institut ibu profesional – The change maker Family, bisa menjadi titik awal untuj melakukan perubahan di rumah. Karena membangun keluarga sehingga menjadi tim yang solid, tidak semudah membuat bolu yang hanya perlu bahan sesuai takaran dan proses pembuatan yang persis dengan petunjuknya.

Membangun keluarga, karena melibatkan individu yang punya jiwa selain raga, plus perasaan yang makin membuat kompleks, butuh seni di samping ilmu. Dan semua itu harus dilakukan dengan penuh kesadaran, melibatkan hati dan pikiran yang seringkali tidak seiring sejalan.

Sekali lagi, memang tidak mudah.

Dan judul aliran rasa kali ini bahwa belajar dengan mengajar merupakan sebuah pengikat makna. Karena dengan mengajar, semua ilmu yang kita dapatkan bisa lebih mudah diabadikan. Tapi semua memang terserah kita. Apakah akan seperti itu atau akan sama saja seperti yang lainnya…

 

Sumber Raferensi
1. Pengalaman pribadi
2. FoE Dan FoR pribadi
3. Materi kulwhap institut Ibu Profesional

 

#aliran rasa
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#LearningByTeaching

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply