AFIIP : CIPTA MENU #1 : MIND MAPPING STRUKTUR PENDIDIKAN

AFIIP : CIPTA MENU #1 : MIND MAPPING STRUKTUR PENDIDIKAN

The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character – that is the goal of true education.

~Martin Luther King Jr.~

Sumber Gambar : Pixabay yang dimodifikasi dengan PicsArt

Pekan ini sudah memasuki pembelajaran sesungguhnya sebagai seorang calon fasilitator. Tapi, bukan berarti materi saat Stadium Generale tidak termasuk jadwal pembelajaran. Hanya saja menurut saya, materi tadi untuk mengantarkan kami memahami struktur education 4.0.

Jujur, di Institut Ibu Profesional lah, Saya mengenal istilah education 1.0, 2.0 dan 3.0. Dan sekarang rupanya Kita sedang menyongsong era education 4.0. Apa lagi sih ini artinya?

Sumber Gambar : Diskusi WAG AFIIP

Tapi bukan tentang itu bahasan jurnal Saya kali ini. Melainkan menceritakan kembali dalam versi saya, jalannya diskusi di kelompok kecil kami, saat membahas  mengenai perbedaan dalam 3 struktur pendidikan tadi. Yuk kita lanjutkan.

Teman-teman peserta AFIIP yang termasuk crew kelompok kecil saya ternyata ibu-ibu keren, yang aktivitasnya bejibun. Yang satu merupakan dokter bedah, satunya lagi tidak kalah kerennya.  Efeknya tentu saja jam online kami yang berbeda. Namun itu tak pernah menyurutkan langkah untuk berinteraksi dan berdiskusi. Aturan yang kami tetapkan bersama adalah, kapan saja sempat, silahkan memberikan pendapat dan menanggapi.

Akhirnya karena merasa sedang punya waktu luang, Saya mencoba menyusun format mind mapping, supaya bisa diisi bareng, meskipun tidak pada waktu yang bersamaan, sebagai bukti dari hasil diskusi kami.

Alhamdulillah, walaupun untuk mengisinya butuh beberapa hari, akhirnya format mind map kami, komplit juga. Jadi meskipun tidak sering berdiskusi, dengan panduan format dan curahan pendapat seorang anggota melalui voice note, bisa dipastikan tugas mencipta menu pekan pertama ini, sukses ditunaikan.

Di bawah ini adalah mind map dari struktur pendidikan yang kami isi sesuai pendapat dan gambaran masing-masing.

Sumber Gambar : Dokumentasi Grup

Lumayan komplit juga kan? Sebenarnya format diskusi kami, tidak langsung mengisi format ini, melainkan menggunakan list posting di WAG. Kemudian, siapa yang memasukkannya pada tempatnya masing-masing? Alhamdulillah, Mba Enggar asal Jember, bersedia menyelesaikan format ini.

Jadi tak ada hubungannya kesibukan aktivitas dengan tidak menunaikan tugas yang sudah kita pilih. Karena tak ada seorang pun yang memaksa saya, atau semua teman, untuk mengikuti AFIIP.

 

#ciptamenupekanpertama
#AFIIPBatch1
#bahagiameremedialdiridenganmenjadifasilitator
#institutibuprofesional

 

Referensi :

  1. Materi dan diskusi kelas AFIIP batch #1
  2. Quote dari BrainyQuote
  3. Hasil diskusi dari kelompok kecil
  4. Pengalaman dan Pembelajaran Pribadi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply