Penyebab Gusi Bengkak yang Sering Dianggap Sepele

Penyebab Gusi Bengkak yang Sering Dianggap Sepele

Salah satu keluhan sakit sekitar gigi adalah di bagian gusi. Gusi bengkak adalah kondisi dimana gusi menjadi membengkak dan menimbulkan rasa yang tak nyaman, sulit untuk mengunyah dan bahkan untuk berbicara sekalipun. Sakit gusi tak bisa disepelekan karena bisa menyebabkan masalah lainnya, seperti gigi yang ngilu, susah makan yang mengakibatkan sakit maag, kurangnya asupan gizi dan tentu saja bau mulut yang tak sedap.

Oleh sebab itu, untuk menghindari sakit gusi ada beberapa hal yang harus diketahui. Misalnya saja adalah beberapa penyebab gusi yang membengkak. Hal-hal berikut ini bahkan ada yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari dan dianggap wajar, sehingga tidak dianggap menimbulkan masalah kesehatan.

Simak apa saja penyebab gusi membengkak berikut ini :

  • Terlalu keras menggosok gigi

Jangan beranggapan bahwa semakin keras menggosok gigi, maka semakin bersih. Hal itu malah membuat gusi jadi bengkak dan bermasalah. Semakin keras menggosok gigi, semakin luka gusi, berdarah dan akhirnya jadi bengkak. Jika jaringan gusi rusak dan terbuka, maka garis gusi akan turun dan sebagian akar gigi akan nampak. Hal ini yang akan menyebabkan gigi jadi sensitif. Oleh sebab itu, pelajari cara menyikat gigi yang benar dan gunakan sikat gigi yang halus bulunya dan kepala sikatnya juga pas dengan lebar mulut kita.

  • Mengalami gingivitis

Ini adalah penyakit yang muncul karena kebersihan mulut yang sangat buruk, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi dan gusi maka akan menjadi plak, kemudian mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi yang kemudian jadi asal muasal gingivitis. Selain itu, gigi yang berlubang juga bisa menimbulkan benjolan nanah di gusi. Supaya bisa menghindari penyakit-penyakit ini, biasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Gunakan juga benang gigi untuk membersihkan sela gigi dari sisa makanan.

  • Hamil

Ternyata hamil juga menjadi penyebab gusi bengkak, karena perubahan hormon sebabkan tubuh wanita produksi lebih banyak darah, akhirnya gusi jadi lebih rentan iritas dan bengkak.

  • Sedang kekurangan vitamin

Seseorang yang kurang vitamin C dan B bisa mengalami gusi yang bengkak, sebab vitamin C bisa memproduksi kolagen untuk membentuk jaringan gusi yang bagus dan vitamin B untuk sirkulasi darah ke seluruh tubuh, juga termasuk gusi.

  • Karena obat-obatan kemoterapi

Kita semua tahu jika efek samping kemoterapi sangat menyakitkan dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain seperti mual muntah, rambut yang rontok parah, warna kulit yang berubah dan juga terjadi gusi bengkak.

  • Seorang perokok

Merokok akan melemahkan kekebalan tubuh kita dan akhirnya virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit bisa makin kuat, salah satunya penyebab infeksi gusi dan menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Jika tak dihentikan, maka infeksi bisa semakin parah dan sangat susah untuk kembali sembuh.

  • Wanita dan perubahan hormonnya

Hormon progesteron akan meningkat selama puber dan juga menstruasi, sehingga aliran darah ke gusi makin banyak dan akhirnya gusi jadi kemerahan, sensitif mudah berdarah dan juga bengkak. Wanita yang menopause juga bisa mengalami sakit gusi yang serupa lho.

Demikian adalah beberapa penyebab gusi membengkak yang sering disepelekan dan bahkan ada yang tak mengetahuinya. Untuk menghindari gusi bengkak bisa dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Gosok gigi minimal dua kali sehari, gunakan benang gigi dan cek rutin satu tahun dua kali di dokter gigi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply