MENJADI KREATIF, YUK…

MENJADI KREATIF, YUK…

Kreativitas atau kemampuan daya cipta.

sebenarnya adalah kemampuan menangkap peluang

untuk menambah, mengurangi dan mengembangkan

sesuatu yang sudah ada

sehingga menjadi bentuk yang baru.

~ Alifadha Pradana ~

 

Saat ini, di komunitas Ibu Profesional Cirebon, kami mulai launching beberapa rumah belajar (rumbel), di antaranya adalah menjahit dan craft. Yang mendaftar untuk ikut sih, lumayan banyak. Tetapi, saat pelaksanaan ternyata banyak yang berhalangan hadir. Tetapi, bukan itu yang mau saya bahas di sini.

Kali ini, saya ingin menyoroti tentang kreativitas. Karena, saat beberapa jenis craft ditampilkan oleh para calon mentor, ada yang nyeletuk,

“Waaah… aku bisa bikin juga, ga ya? Soalnya ga punya bakat kreatif, sih.”

Mungkin, banyak juga yang tidak sadar, mencetuskan kata-kata seperti itu. Atau, paling tidak merasa dalam hati bahwa di diri kita tidak ada “bakat kreatif”. Tapi, apa benar kreativitas itu sebuah bakat?

 

Creatif Bukan Bakat!

Selama ini, saya selalu meyakini bahwa kreativitas yang menurut KBBI – Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan untuk mencipta atau daya cipta, merupakan kemampuan untuk mengeksplor saja. Artinya kita bukan selalu mencipta sesuatu yang baru, tetapi termasuk juga melakukan sesuatu dengan cara berbeda. Bingung, ya…? Hehehe.

Maksudnya begini. Siapa pun pasti pernah memanfaatkan kaleng bekas, botol bekas minuman sebagai wadah lain atau bahkan memanfaatkannya untuk hiasan dan lain-lain, itu kreativitas menurut saya.  Atau, pernahkan memasak mie instan dengan cara berbeda? Dibuat pizza mie, misalnya? Itu juga termasuk kreativitas.

Atau, saat melihat celana panjang kita yang sudah tidak terpakai karena sempit, kita berpikir untuk menjadikannya tas atau bentuk lain yang berbeda fungsinya. Juga, ketika ada jam dinding yang rusak, yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi, bisa saja dimanfaatkan untuk bingkai foto, tempat aksesoris atau berbagai fungsi lainnya. Itu semua menurut saya adalah kreativitas.

Jadi sekali lagi, sebenarnya kreativitas itu bukan bakat. Melainkan keterampilan yang bisa dilatihkan. Karena itu mulai sekarang, jika melihat sesuatu coba deh memikirkan bentuk lain apa, fungsi berbeda yang bagaimana yang bisa dimanfaatkan. Pasti akan terkejut betapa kreatif sesungguhnya diri kita. Kuncinya hanya jangan takut untuk berpikir out of the box dan berbeda.

Janji, ya. Jangan pernah merasa kita ga punya bakat kreatif sehingga akan susah untuk membuat sesuatu. Karena kemampuan untuk membuat apa pun adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan dilatihkan. Tergantung tekad dan kesungguhan kita sendiri untuk menjadikannya sebagai “bakat” buat kita. Siap…? Harus siap donk… 😃

 

 

#Be_Inspiring_Writer

#OOSPfoe99days

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply