JRF MIIPB7 Sesi #5 : Design Pembelajaran Ala “Gue”

JRF MIIPB7 Sesi #5 : Design Pembelajaran Ala “Gue”

Kehidupan adalah proses pembelajaran

terpanjang bagi setiap orang

∼ Anonim ∼

 

Pekan ini Kelas Matrikulasi MIIPB7 masuk ke sesi #5 yaitu Belajar Cara Belajar. Sebagaimana judulnya, para matrikan memang difasilitasi supaya mengalami proses belajar yang sesuai dengan dirinya masing-masing. Namun karena selama ini kita terbiasa menerima saja apa pun metode pembelajaran atau kurikulum yang diberlakukan, banyak di antara mereka kesulitan untuk memahami proses ini.

Sejak materi di-share, yeng memang merupaka materi tentang pembelajaran anak, maka pertanyaan yang muncul pun tentang pembelajaran anak ini. Dari mulai sulitnya menentukan waktu, cara membersamai anak-anak yang terbaik, juga cara membuat anak mau berbagi kesempatan bersama orang tua antara adik dan kakak.

Ketika beranjak di NHW, mulai tampak kebingungannya. Karena untuk yang terbiasa menerima, memang membingungkan bila harus mengambil peran untuk menyusun. Apalagi, antara materi dan NHW seperti tidak berhubungan. Itulah uniknya belajar di sini. Kita dibiasakan berani melakukan sebelum menyuruh orang melakukan.

Saat memeriksa NHW pun, sepertinya masih berkutat di kebingungan yang sama. Karena sebagian beaar NHW menjabarkan bentuk dan poin sebuah desain pembelajaran, tanpa menerapkannya dalam kaitan ilmu yang ingin dipelajari di NHW-NHW sebelumnya. Tapi memang, NHW bukanlah ajang benar – salah. Melainkan tahapan untuk memahami proses pembelajaran. Dan ini, lagi-lagi memang cukup sulit untuk kita (termasuk saya) dalam berusaha memahaminya. Dan kepuasan pengalaman dalam mencoba memahami hal itu, bisa dibilang tidak terlukiskan dengan kata-kata.

Ketika teringat masa yang sama saat mengikuti Kelas Matrikulasi Batch #2 dulu. Saya juga merasakan kebingungan yang. Hanya berbekal keseriusan dan keinginan belajar yang kuat, yang membuat Saya mampu menyelesaikan NHW yang sama.

 

Contoh design pembelajaran ala saya

Sumber Gambar : NHW #5 MIIPB2 pribadi

 

Bukan berarti design pembelajaran yang Saya buat di atas, benar. Dan yang bukan seperti itu, salah. Bukan itu tujuannya. Tapi, ini lah desain pembelajaran yang memang mudah Saya pahami dan tidak sukar pula untuk mengeksekusi nya. Hanya yang terlupa, Saya belum menyertakan exit procedure ketika ternyata proses pembelajaran tidak sesuai rencana. Contoh untuk hal ini, seperti lama waktu pembelajarannya yang harus disesuaikan dengan tempat Kita mencari ilmu.

Belajar Cara Belajar memang mengasyikkan. Karena memfasilitasi berbagai macam gaya belajar. Sehingga keluarannya pun sesuai dengan Gaya dan pemahaman masing. Tidak ada kesalahan. Kecuali mereka yang tidak melakukan apa-apa, namun mengharapkan hasil maksimal.

 

#jurnalrefleksifasilmiipb7
#fasilitatormatrikulasi
#fasilmatrikulasiiip
#jrfmiipb7sesi5

 

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_pembelajaran
  2. http://www.langkahpembelajaran.com/2017/04/pengertian-desain-pembelajaran-menurut.html?m=1
  3. http://ervindasabila.blogspot.com/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1
  4. Materi Training Calon Fasilitator MIIPB7
  5. Materi dan Camilan Sesi #5 Belajar Cara Belajar
  6. Diskusi di Grup WA Fasilitator MIIPB7
  7. NHW saat Matrikulasi batch #5 dulu
  8. Pengalaman Pribadi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply